Tips Ibu Hebat

Sunday 18 October 2015

PONOROGO PEDULI ASI (PPA)-- part 1

Ponorogo Peduli ASI (PPA) adalah sebuah komunitas ibu-ibu yang bergerak dibidang per-ASI-an. Didirikan oleh seorang dokter muda cantik nan anggun nan sholihah, dr. pita Nurhayani pada tangggal 23 Maret 2014. Terinspirasi oleh komunitas sejenis yg didirikan temannya, mbak rena meta (Madiun Peduli ASI), mbak pita (saya panggil mbak krn beliau kakak kelas saya) pun memulai kiprahnya di dunia ASI dan laktasi.

Komunitas ini terdiri dari berbagai elemen masyarakat dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Mulai dari ibu-ibu muda perkotaan hingga ibu-ibu di pedesaan. Mulai dari dokter, bidan, tenaga kesehatan lain, guru, karyawan bank, pengusaha, ibu rumah tangga bahkan TKW,dll. Mulai ibu-ibu yang sudah beranak banyak, hingga yang baru mau merancanakan kehamilan. Mulai yang sudah sukses ng-ASI, hingga yang benar-benar awam. Namun semua mempunyai semangat dan harapan yang sama.

Mungkin belum banyak masyarakat yamg mendengar atau mengenal komunitas ini. Namun selama 2 tahun berjalan, PPA telah banyak menyebarkan virus ASI eksklusif. Banyak ibu, dan calon ibu yang awalnya awam dengan ASI eksklusif kini paham pentingnya ASI bagi bayi serta menjadi ,melek' bahwa tidak ada yang lebih baik dari ASI meskipun dibandingkan susu formula yang paling mahal yang sering "DICAP" paling baik untuk kesehatan dan kecerdasan anak.

Banyak tenaga kesehatan yang dulu kurang pro dengan ASI eksklusif kini telah aktif mengkampanyekan ASI eksklusif di lingkungan kerja maupun di masyarakat.

Bamyak suami, orang tua, atasan, dan stake holder yang dulu menganggap menyusui adalah hal fitrah, yang biasa, adalah urusan ibu saja,,kini mereka sadar bahwa menyusui/ memberikan ASI eksklusif adalah tangung jawab mereka juga. Ada peran andil yang besar dari mereka ketika seorang ibu sukses atau gagal memberikan ASI esklusif bagi putranya.

Komunitas PPA ini lebih fokus pada kegiatan eduk-ASI dimana mereka berusaha keras agar masyarakat faham pentingnya ASI eksklusif serta berusaha menggeser mindset masyarakat yang selama ini tertanam bahwa susu formula itu lebih bagus, lebih keren, lebih modern,dll.

Tak mudah memang,,namun itulah perjuangan. Perjuangan bagi perbaikan generasi Indonesia di masa mendatang.  Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh komunitas ini. Antara lain : kopdar (kopi darat/temu) bagi anggota PPA. Biasanya dilakukan di tempat umum, misal yang pertama, dilaksanakan di losmen Aman (apotek nasruhan), lalu di jalan baru stadion ponorogo. Di sana dibahas berbagai permasalahan, mulai dari cara menyusui yang benar, bingung puting, menejemen laktasi ibu bekerja hingga curhatan lingkungan/keluarga yang bepum pro ASI. Dibahas dengan dengan metode sharing dan kekeluargaan sehingga bisa kebih mengena dan mudah diterapkan.

Kegiatan lain adalah cek kesehatan (tensi) serta konseltasi gratis yang dilaksanakan di jalan baru pada saat car free day. Juga pernah dilaksanakan seminar dan lomba Ayah ASI serta nenek ASI sebagai promosi bahwa keberhasilan menyusui/ ASI eksklusif tak pernah lepas dari dukungan keluarga dan lingkungan, terutama suami dan orantua/mertua.

Yang terbaru yang dilaksanakan ibu-ibu hebat ini adalah kampanye ASI, dengan menyebarkan leaflet, poster dan spanduk ASI di instansi-instansi di ponorogo sehingga diharapkan para ibu yang bekerja agar bisa tetap memberika ASI secara eksklusif bagi bayinya,, serta mandapatkan dukungan tidak hanya dari keluarga namun juga lingkungan kerjanya.

Semoga Indonesia semakin Jaya...
Salam ASI, mari selamatkan generasi masa depan!
(Maaf fotonya belum bisa ter upload..insyaallah lain kali ya...)

INDONESIA BLOGGER

1 comment:

  1. Gimna cara gabung dengan.komunitas peduli asi Mbk
    Cz saya lgi bermasalah ttg asi
    Pingin asi eklusif

    ReplyDelete