Tips Ibu Hebat

Wednesday 10 September 2014

Bunga Sakura dari Kertas Krep

Bunda,, pasti suka kan kalau melihat bunga sakura yang sedang bermekaran? Mungkin selama ini kita hanya bisa menyaksikan dari gambar, foto, lukisan atau di televisi. Tapi, kita bisa kok menghadirkan kecantikan sang icon negeri Jepang tersebut di rumah kita.

Caranya? Kita bisa lho, membuat duplikat bunga sakura dari kertas krep. Itu lho, kertas warna-warni yang sering digunakan untuk menghias. Atau kalau dulu waktu masih jadul biasa saya pakai untuk pengganti pewarna saat mainan air.(hehe..nostalgia).

Nah..ini nih..contoh hasilnya kalau sudah jadi. Bagus kan?(Pede)
Nah,,bagi bunda yang pengen bikin juga,,gampang kok. Bahannya juga murmer pakae banget!

Simak dan langsung coba aja ya..nih, langkah-langkahnya:

1. Siapkan alat dan bahan
     Kertas krep warna-warni (pink, putih/kuning, hijau)
     Gunting
     Lem
     Selotip bolak-balik (double tape)
     Selatip transparan (isolasi)
     Ranting kering (aku sih,,cuma nyari di kebon, pilih yang mempunyai bentuk bagus serta ukuran yang diinginkan.

2. Gunting kertas krep dengan ukuran:
     Pink= 5cm.
     (potonglah kertas pink tersebut membentuk mahkota bunga seperti gambar di bawah ini. caranya, potong kertas saat masih dalam lipatan, kertas tidak perlu diuraikan ya..jadi nanti sekali porong jadilah setumpuk mahkota)

  Putih atau kuning= 1-1,5cm
  (untuk putik, kertas tidak perlu dipotong-potong. kertas putih ini dipotong nanti setelah dibentuk putik)

     Hijau = 1cm (untuk dasar bunga)

3. Langkah selanjutnya membuat putik. Ambil kertas warna putih / kuning (terserah,sukanya yang mana), lalu gulunglah dan bentuk seperti gambar di bawah ini. Jangan lupa beri sisa agak panjang di bawahnya sebagi pegangan.

4. Kalau putik sudah jadi, sekarang ambil kelopak/mahkota yang sudah digunting tadi. Rekatkan sehelai demi sehelai dengan lem, hingga 5 helai.
 
5. Setelah bunga jadi,, ambil kertas krep hijau lalu lilitlah bagian pangkal bunga. buat agak panjang, rekatkan dengan lem. (Awalnya wih, aku pakai kertas krep seperti ini. Tapi karena lama-lama malas jadinya kertas krep hijau aku ganti dengan selotip warna hijau yang aku beli di toko)

Nah...udah selesai bunganya. Buat lagi yang banyak ya....

Sekarang kita sisihkan dulu bunganya. Lalu kita buat kuncupnya. Bunga sakura pasti ada kuncup kan? Kalau udah mekar semua, berarri dah mau gugur donk....hehhe

6. Caranya hampir sama ya...kita buat putiknya. Tapi putiknya bisa pakai sisa potongan mahkota yang udah g dipakai tadi.
Remas-remas sisa potongan kertas, lalu gulung membentuk putik. Jangan lupa dikasih tangkai seperti bunga tadi ya..

7. Lalu ambil mahkota, bungkus putik yang baru dibuat. Cukup tiga helai saja,biarkan menguncup.

8. Lilit kuncup dengan kaertas krep seperti bunga mekar, rekatkan dengan lem. Buat lagi kuncup yang banyak. Paling tidak seperempat/sepertiga jumlah bunga.

9. Nah,,kalau bunga dan kuncup selesai dibuat, saatnya berpetualang. maksudnya adalah, berpetualang di  kebun atau pekarangan dan mencari-cari ranting kering yang bagus. (aku kemarin mengambil ranting dari tumpukan ranting yang dikumpulkan orang yang cari kayu bakar, jadi lebih praktis gak harus berkotor-kotor ria)

10. Kalau sudah menemukan ranting yang sip...mulai merangkai yuk...tapi jangan lupa cuci dulu ya..trus dikeringkan.

11. Sekarang waktunya merangkai...pasang-pasangkan bunga pada ranting seperti susunan bunga sakura. Potong double tape, lekatkan pada ranting, lalu tempelkan bunga. Agar lebih kuat, gunakan isolatip (transparan). Tempatkan kuncup-kuncup bunga pada ujung reranting serta bagian yang kosong diantara bunga mekar. setelah bunga habis, letakkan ranting pada vas atau tempat yang sudah disediakan.

Nah,,jadi deh bunga sakuranya!! Gampang kan.....??
Oya,,kalau saat membuat bunga mekar, bentuknya tidak bagus, tidak usah 'worry' ya, nanti kalau sudah bercampur dengan bunga lainnya jadi bagus kok.


1 comment:

  1. Wahh keren dan sangat kreatif sekali
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    ReplyDelete