Tips Ibu Hebat

Thursday 11 September 2014

Steak Tempe, Kuliner Ndeso Rasa Kota

Sekarang ini,siapa sih...yang g kenal sama makanan yang namanya 'steak'? Bukan 'stik' lho ya....kalau stik tuh stik golf, stik drum, dll. Hehe...

Steak adalah makasan dari barat (klo g salah) CMIIW, yang terdiri dari sebuah keratan daging (tapi kalau di Indonesia biasanya Digoreng tepung krispi), dan aneka macam sayuran seperti kentang, wortel,buncis, kacang polong serta saus yang disiramkan di atasnya.

Biasanya, steak berbahan dasar ayam (chicken steak), daging sapi (beef steak), atau bahan-bahan hewani lain. Namun, seiring perkembangan Zaman, para pelaku bisnis kuliner ini mulai membuat terobosan dengan aneka macam ide. Ya, apalagi kkalau bukan agar dagangannya mempunyai deferensiasi dan bisa bertahan, ditengah banyaknya saingan yang terus bermunculan.

Mereka mulai berlomba-lomba memadukan rasa asli steak dengan bahan lokal. Ya, selain lebih menarik, juga lebih murah dan dekat dengan lidah lokal yang kadang susah beradaptasi dengan rasa baru. Salah satu contoh yang sudah satu temukan adalah 'steak Tempe'. Ya...steak tempe!!

Sebenarnya Sudah agak lama saya pernah membaca tentang steak tempe ini. Namun, saya baru bener-bener tahu dan merasakannya belum lama ini. Ya..maklumlah, kalau hidup di kota kecil itu jarang ada makanan macam-macam. seperti di kecamatan baturetno,wonogiri ini.

Seingat saya, waktu saya baru hidup di sini (4tahunan yang lalu) baru ada satu penjual, yang menyediakan steak ini. Itu pun sebenarnya adalah penjual makanan chinese. Tapi karena ingin up date dengan gaya sekarang, maka dijuallah masakan ini.. Itupun, rasanya masih jauh dari yang pernah saya makan sebelumnya.  Tapi, lumayanlah, daripada tidak ada, pikirku saat itu.

Baru,,akhir-akhir ini saja, sudah mulai banyak yang menjualnya, di kafe atau warung-warung makan, biasanya menunya berdampingan dengan fried chicken (di sini disebut kentaki). Misalnya Baleno (sekarang sudah tutup), second home (ini lumayan rasanya), trus yang baru iru, aku lupa namanya, tapi tempatnya sebelahan sama vitara.

Kembali ke steak tempe.
Nah, meskipun sudah agak lama baca tentang steak tempe, tapi belum pernah nyoba karena itu tadi, disini g ada. Di ponorogo pun juga aku belum tahu, sudah ada atau belum.
Hingga akhirnya suatu saat waktu belanja di Luwes Wonogiri dan beli makan di sana, eh,,ternyata ada satu jenis menu yang bikin penasaran pengin nyoba. STEAK TEMPE.

Dan, akhirnya aku pesan juga menu itu.
Tara....! Pesanan pun datang. Ehm...kalau dilihat oke Juga, tempenya tersamarkan. Dan ketika aku coba...hmmmmmm.... Oke juga. Lumayanlah! Heheh.. Apalagi kalau dibandingkan harganya yang hanya 5000 rupiah. Tapi, bener lho,,lumayan buat alternatif variasi menu, atau alternatif saat kantong ngepres, namun pengin tetep keliatan wes-wes. (Wes-wes apaan sih??)

Soo, buat yang penasaran, monggo dicoba. Atau, boleh kok, bikin sendiri. Murmer. Resepnya, silahkan search sendiri ya....kapan2 semoga bisa share di sini....Salam Tempe!

No comments:

Post a Comment