Tips Ibu Hebat

Tuesday 1 July 2014

Aneka Ide Bisnis Bulan Ramadhan

Assalamu'alaikum bunda...

Sebelumnya, Selamat menunaikan ibadah puasa ya...

Meskipun sedang puasa tapi tetep semangat kan?
Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah ya..tak hanya bagi orang yang rajin beribadah, bagi para pebusnis pun, pasti mengamini ada banyak berkah di bulan ini. Bagaimana tidak? Biasanya minat para konsumen akan meningkat tajam pada masa ini, baik di bidang kuliner, fashion, transportasi, jasa, dll.

Nah, bagi Anda yang ingin 'ngalap' berkah juga lewat jalan bisnis, saya akan coba menawarkan beberapa ide bisnis yang bisa Anda coba:
1. Bisnis jualan sayur mentah. Tak bisa dipungkiri, pada bulan ramadhan, para ibu rumah tangga pasti membutuhkannya. Baik untuk berbuka maupun sayur. Juga bagi para penjual sayur matang/takjil yang banyak menjamur di pinggir jalan. Bisnis ini cocok dicoba jika rumah anda jauh dari pasar induk, atau berada di desa atau bahkan di perumahan. Biasanya orang yang sibuk tidak punya waktu untuk membeli sayur di pasar.
2. Bisnis jualan takjil, minuman dan sayur matang untuk berbuka. Bisnis ini juga sangat banyak digemari, karena sekarang masyarakat mempunyai tren daripada susah-susah masak, lebih praktis beli matang. Selain jenis sayur kebih beragam, biasanya lebih gemat. Mengingat harga sayur-mayur sekarang semakin meningkat.
3. Bisnis jualan sayur matang/ menu sahur. Jika anda tinggal di daerah kos-kosan, dekat terminal, atau rumah sakit, ide ini bisa juga digunakan. Karena para penunggu pasien di RS, anak-anak kos lebih senang membeli jadi daripada repot memasak atau membawa bekal dari rumah.
4. Bisnis baju lebaran. Ya, siapa yang tidak ingin tampil cantik dan tampan di hari raya? Pada bulan puasa, biasanya masyarakat berbondong-bondong membeli baju untuk lebaran. Bisnis ini bisa juga ditambahkan dengan asesoris, misal jilbab, juga aneka mukena unik untuk shalat tarawih/ shalat ied.
5. Bisnis transportasi. Maksudnya, bagi anda yang bisa menyetir mobil dan memiliki SIM A, anda bisa menawarkan jasa untuk mengantar/menjemput saudara/teman/tetangga yang akan mudik atau pulang kampung. Bisa juga dengan menyewakan mobil atau motor anda, bagi para pemudik. Karena biasanya pemudik yang jauh akan berpikir ulang jika akan membawa kendaraannya ke kampung.
6. Bisnis jualan kue lebaran. Bagi anda yang pandai membuat kue, inilah saatnya untuk mendadikan hobi anda menjadi ladang uang anda.
7. Bisnis bordir atau sulam. Pada saat lebaran, biasanya akan banyak tamu yang datang ke rumah. Pastinya, para tuan rumah akan berusaha membuat rumah menjadi indah dan mengesankan. Anda bisa membuat taplak meja, saring bantal sofa,dll yang unik dan menarik, lalu menawarkan padfa rekan kerja atau tetngga. Pasti banyak diburu jika hasil karya anda memang berkualitas.
8. Bisnis penitipan hewan peliharaan. Di kota besar, banyak orang yang mempunyai binatang peliharaan dan biasanya mereka tidak akan pelit untuk mengeluarkan uang demi binatang kesayangaannya. Jika kampung halaman meteka jauh, biasanya mereka lebih suka untuk menitipkannya daripada membawa kemana-mana binatang tersebut. Karena selain beresiko stress juga akan membuat perjalanan menjadi makin ribet.

Nah, bunda, demikian ide bisnis bulan ramadhan kali ini. Jika anda merasa ada yang cocok dengan ketrampilan dan kondisi anda, silakan dicoba. Semoga Ramadhan kali ini benar-benar memberikan berkah untuk Anda. Tidak hanya berkah akhirat, tapi juga berkah anda di dunia.

Selamat berkarya!!

Wassalamu'alaikum...

No comments:

Post a Comment